ryegasayang
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam Pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi, bagaimana cara menganalisa apa itu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Perbandingan kemakmuran berbagai negara berkembang, dan apa – apa saja faktor menentukan pertumbuhan ekonomi. Membahas tentang masalah – masalah Pembangunan di Negara – negara berkembang, serta upaya-upaya kebijakan untuk mempercepat Pembangunan.
BAB II PEMBAHASAN
A. PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI
Analisis mengenai pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu aspek penting dalam teori makroekonomi. Analisis itu pada dasarnya memperhatikan tentang kegiatan ekonomi Negara dalam jangka panjang. Ada dua hal penting yang harus diperhatikan :
1. Faktor-faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi sesuatu Negara.
2. Teori-teori yang menerangkan faktor penting yang menentukan pertumbuhan. Beberapa Konsep Mengenai Pertumbuhan Ekonomi
1. Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi adalah perkembangan fisikal produksi barang dan jasa yang berlaku disuatu Negara, seperti pertambahan dan jumlah produksi barang industry, perkembangan infrastruktur, pertambahan jumlah sekolah, pertambahan produksi sector jasa dan pertambahan produksi barang modal.
2. Pembangunan Ekonomi
Pembangunan Ekonomi adalah Pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan dalam struktur dan corak kegiatan ekonomi. Perbedaan penting antara Pertumbuhan dan Pembangunan ekonomi adalah dalam pembangunan ekonomi tingkat pendapatan per kapita terus-menerus meningkat, sedangkan pertumbuhan ekonomi belum tentu diikuti oleh kenaikan pendapatan per kapita.
3. Pendapatan Per Kapita sebagi Pengukur Kemakmuran
Persentasi penduduk yang memiliki kendaraan, tingkat pendapatan mereka dan pemilikan harta-harta lain merupakan petunjuk penting dalam melihat taraf kemakmuran yangdicapai. Disamping itu, kemakmuran ditentukan pula oleh fasilitas untuk mendapatkan suplay listrik dan air minum yang bersih, fasilitas pendidikan yang diproleh dan taraf pendidikan yang dicapai, taraf kesehatan dan fasilitas perobatan yang tersedia keadaan perumahan masyarakat miskin dan taraf perkembangan inprastruktur yang dicapai.
4. Membandingkan Pendapatan Per Kapita
Dalam menggunakan data pendapatan per kapita dalm membandingkan tingkat kemakmuran diberbagai Negara mempunyai banyak perbedaan, salah satu faktor yang menyebabkan ketidaktepatan cara perbandingan itu adalah perbedaan biaya hidup atau costs of living di antara berbagai Negara.
B. PERBANDINGAN KEMAKMURAN BERBAGAI NEGARA
Membandingkan tingkat kemakmuran diantara berbagai Negara perlu diperhatikan tiga aspek diantaranya :
1. Perbandingan secara global diantara perbedaan kemakmuran penduduk dunia yang digolongkan kepada beberapa golongan pendapatan
2. Perbandingan yang terperinci diantara beberapa Negara terpilih didunia ini
3. Perbandingan pendapatan per kapita yang sudah disesuaikan dengan perbedaan biaya hidup dengan menggunakan purchasing power parity.
C. FAKTOR – FAKTOR YANG MENENTUKAN PERTUMBUHAN EKONOMI
1. Tanah dan kekayaan alam lainnya.
Kekayaan alam akan dapat mempermudah usaha untuk mengembangkan perekonomian suatu Negara,terutama pada masa –masa permulaan dari proses pertumbuhan ekonomi. Di dalam mengembangkan perekonomian suatu Negara di mana pertumbuahn ekonomi baru bermula terdapat banyak hambatan untuk mengembangkan berbagai kegiatan ekonomi di luar sector utama (pertanian dan pertambangan) yaitu sector dimana kekayaan terdapat.
2. Jumlah dan mutu dari penduduk dan tenaga kerja
Penduduk yang bertambah dari waktu ke waktu dapat menjadi pendorong maupun penghambat kepada perkembangan ekonomi. Penduduk yang bertambah akan memperbesar jumlah tenaga kerja, dan pertambahan tersebut memungkinkan Negara itu menambah produksi.
Apabila dalam perekonomian sudah berlaku keadaan di mana pertambahan tnaga kerja tidak dapat menaikkan produksi nasional yang tingkatnya adalah lebih cepat dari tingkat pertambahan penduduk, pendapatan per kapita akan menurun. Dengan demikian penduduk yang berlebihan akan menyebabkan kemakmuran masyarakat merosot.
3. Barang – barang modal dan tingkat teknologi
Barang – barang modal penting artinya dalam mempertinggi keefisienan pertumbuhan ekonomi. Di dalam masyarakat yang sangat kurang maju sekalipun barang – barang modal sangat besar perannya dalam kegiatan ekonomi.
Apabila barang – barang modal saja yagn bertambah, sedangkan tingkat teknologi tidak mengalami perkembangan, kemajuan yang akan tercapai adalah jauh lebih rendah dari pada yang di capai pada masa kini. Tanpa adanya perkembangna teknologi, produktivitas barang – barang modal tidak akan mengalami perubahan dan tetap berada pada tingkat yang sangat rendah. Oleh karena itu pendapatan per kapita hanya mengalami perkembangan yang sangat kecil.
4. Sistem sosial dan sikap masyarakat
Sistem sosial dan sikap masyaarakat penting peranannya dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi. Di dalam menganalisis mengenai masalah – masalah pembangunan di Negara – Negara berkembang ahli – ahli ekonomi telah menunjukkan bahwa system social dan sikap masyarakat dapat menjadi penghambat yang serius kepada pembangunan. Oleh karenanya pertumbuhan ekonomi tidak dapat di percepat.
D. MASALAH – MASALAH PEMBANGUNAN DI NEGARA BERKEMBANG
Factor – factor menjadi penghambat berbagai Negara untuk berkembang lebih cepat yaitu :
1. Pertanian Tradisional.
Kekurangan modal, pengetahuan, insfranstruktur pertanian, dan aplikasi teknologi modern dalam kegiatan pertanian menyebabkan sector ini tingkat produktivitasnya sangat rendah dan seterusnya mengakibatkan tingkat pendapatan petani yang tidak banyak bedanya dengan pendpatan pada tingkat subsiten. Dibanyak Negara berkembang lebih setengah dari penduduknya berada di sector pertanian. Semua ini menyebabkan tingkat produktivitas sector tersebut masih sangat rendah dan merupakan factor penting yang menimbulkan pendapatan yang rendah dan masalah kemiskinan yang masih meluas.
2. Kekurangan dana modal dan modal fisikal
Pendapatan masyarakat yang sangat rendah dan system perbankan yang belum berkembang pada tahap – tahap permulaan proses pertumbuhan ekonomi tidak memungkinkan suatu Negara berkembang untuk mengatasi kekurangan modal tersebut. Sebagi akibatnya tidak terdapat insentif utnuk mengembangkan kegiatan ekonomi modern karena pasaran terbatas sebagi akibat pendapatan yang rendah, dan tabungan terbata hingga tidak dapat membiayai proyek – proyek yang akan dikembangkan.
3. Peranan tenaga terampil dan berpendidikan
Perkembangan system pendidikan merupakan suatu langkah yang harus dilaksanakan pada waktu usaha pembangunan mulai dilakukan. Disamping itu mereka memerlukan pengalaman untuk dapat menjalankan operasi kegiatan modern tersebut secara efesien.
4. Perkembangan penduduk pesat
Negara – Negara berkembang pada keseluruhannya menghadapi masalah yang sangat besar dalam membangun perekonomian yaitu di satu pihak Negara – Negara tersebut memiliki sumber – sumber dan kemampuan yang terbatas dalam melakukan pembangunan ekonomi, tetapi di lain pihak, mereka harus mewujudkan kesempatan kerja dan berusaha menaikkan kemakmuran utnuk sebagian besar penduduk dunia yang bertambah.
5. Masalah institusi, social, kebudayaan ddan politik
Factor – factor social dan kebudayaan juga besar pengaruhnya kepada pembangunan. Cara – cara hidup dan berfikir yang tradisonal seringkali menyebabkan masyarakat tidak bertindak secara rasional, sehingga menimbulkan efek buruk kepada pertumbuhan ekonomi.
E. KEBIJAKAN MEMPERCEPAT PEMBANGUNAN
Kestabilan Politik dan Ekonomi merupakan syarat penting yang perlu dipenuhi untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Di samping itu, kebijakan pembangunan pemerintah dan pendekatan kebijakan pembangunan yang sesuai dengan sumber – sumber yang tersedia, sangat penting peranannya di dalam usaha untuk mempercepat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.
Adapun kebijakan – kebijakan tersebut yaitu :
1. Kebijakan Diversifasi Kegiatan Ekonomi
Langkah yang lebih penting dalam kebijakan Diversifikasi kegiatan ekonomi ini adalah mengembangkan kegiatan ekonomi yang baru yang dapat mempercepat transformasi kegiatan ekonomi dari yang bersifat tradisonal kepada kegiatan ekonomi modern. Ekonomi yang semakin maju akan memerlukan berbagai jenis barang industri.
2. Mengembangkan Infrastruktr
Perkembangan Infrastruktur haruslah selaras dengan pembangunan ekonomi. Pada tahap pembangunan ekonomi rendah, infrastruktur yang diperlukan masih terbatas. Semakin maju suatu perekonomian , semakin banyak infrastruktur diperlukan. Dengan demikian mengembangkan infrastruktur harus secara terus menerus dilakukan dan harus diselaraskan dengan kemajuan ekonomi yang telah dicapai dan yang ingin diwujudkan pada masa depan.
3. Meningkatkan Tabungan dan Investasi
Menarik investor asing selalu dilakukan berbagai negara sebagai salah satu usaha untuk mempercepat perkembangan investasi. Menggalakkan penanaman modal asing akan memberikan beberapa sumbangan penting dalam pembangunan yaitu, (i) Penanaman modal asing menyediakan modal nya sendiri, (ii) akan memindahkan teknologi dan kepakaran lain kenegara yang didatanginya, (iii) meningkatkan penggunaan teknologi modern dan (iv) kerap sekali usaha mereka dapat meningkatkan ekspor.
4. Meningkatkan Taraf Pendidikan Masyarakat
Peningkatan dalam taraf pendidikan memberi beberapa manfaat yang boleh mempercepat pertumbuhan ekonomi yaitu : (i) Manajemen perusahaan – perusahaan modern yang dikembangkan semakin efesien, (ii) Penggunaan teknologi modern dalam kegiatan ekonomi dapat lebih cepat berkembang, (iii) Pendidikan yang lebih tinggi meningkatkan daya pemikiran masyarakat, dan (iv) berbagai pakar, tenaga ahli dan tenaga terampil yang diperlukan berbagi kegiatan ekonomi dapat disediakan.
5. Mengembangkan Institusi yang Mendorong Pembangunan
Pembangunan ekonomi harus terus menerus diikuti oleh pengembangan institusi – institusi yang dapat memberi dorongan kepada mengembangkan berbagai kegiatan ekonomi. Peningkatan tabungan perlu dilakukan untuk mempercepat pmbangunan. Untuk dapat mewujudkan keadaan tersebut, perlulah Institusi Keuangan dikembangkan. Institusi tersebut berfungsi (i) sebagai pengumpul tabungan dari penabung, dan (ii) sebagai penyalur tabungan tersebut kepada pengusaha dan penanaman modal.
6. Merumuskan dan melaksanakan Perencanaan ekonomi
Setiap perencanaan ekonomi perlu menentukan tujuan pertumbuhan ekonomi yang dicapai dan menentukan tindakan – tindakan yang perlu dilakukan untuk mencapai sasran pertumbuhan yang ditetapkan.
Dalam perencanaan pembangunan perlu ditetapkan beberapa hal berikut : (i) Tingkat pertumbuhan ekonomi yang ingin dicapai, (ii) Tingkat tabungan dan Investasi yang perlu diwujudkan, (iii) peranan sektor swasta dan pemerintah dalam mencapai tujuan tersebut, (iv) Perkembangan kegiatan ekonomi di berbagai sektor dan wilayah yang diperlu dilakukan, dan (v) Jumlah pembelanjaan dan sumber keuangan yang akan digunakan dalam mewujudkan tujuan pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan.
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi adalah Masalah Makroekonomi dalam jangka panjang. Tingkat Pembangunan Ekonomi dan taraf kemakmuran masyarakat yang dicapai biasanya diukur oleh data pendapatan per kapita nominal.
Kebijakan pemerintah penting sekali peranannya dalam mempercepaat pembangunan ekonomi. Kebijakan pemerintah tersebut meliputi :
1. Mendiversifikasikan kegiatan ekonomi
2. Mengembangkan Insfrastruktur
3. Meningkatkan tabungan dan investasi
4. Meningkatkan taraf pendidikan
5. Mengembangkan institusi yang menggalakkan pembangunan dan
6. Merumuskan dan melaksanakan perencanaan ekonomi.
B. Saran
Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi di Negara kita khususnya di Kabupaten Kampar harus lebih di tingkatkan lagi untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat.
0 Responses

Posting Komentar

kritik dan saran