ryegasayang

Kendaraan masa depan Di masa depan, Anda tidak perlu menyetir mobil. Bahkan, Anda bisa memanggilnya setiap saat lewat handphone.

Mengendarai kendaraan di jalanan yang macet dan tak ramah bisa membuat suasana hati menjadi berantakan. Berkat kehadiran mobil tanpa supir, masalah tersebut mungkin tidak akan terjadi lagi di masa depan.

CyberCar menggunakan teknologi serupa seperti yang digunakan pada peluru kendali yang bisa menemukan arah lewat rute yang telah diprogram dengan bantuan GPS. Bedanya, mobil ini tidak akan meledak ketika sampai di lokasi yang dituju.


Untuk memrogram rute, pengendara, atau lebih tepatnya penumpang, bisa meng-input data lewat antarmuka touchscreen yang tersedia. Untuk mencegah terjadinya tabrakan dengan benda sekitar, CyberCar memiliki sensor laser. Hebatnya lagi, penumpang bisa mengendalikan mobil ini lewat handphone atau perangkat sejenis.

Mirip dengan mobil KITT dari serial TV jadul Knight Rider, CyberCar juga bisa berbicara. Namun tentunya terbatas pada turn-by-turn navigation saja.

Prototipe CyberCar dikembangkan oleh Uni Eropa dan pernah ditampilkan di ajang Future Mobile Solutions Conference di Helsinki. Meskipun dari luar terlihat seperti mobil golf daripada mobil masa depan, jeroan CyberCar lebih canggih dari kendaraan manapun yang ada di muka bumi saat ini.


Beberapa unit CyberCar sudah beroperasi di Bandara Heathrow, London, dengan rute dari tempat parkir kelas bisnis menuju Terminal 5. Bulan lalu, beberapa delegasi dari 16 negara diundang untuk menyaksikan demonstrasi CyberCar. Diharapkan, mereka dapat memberikan suntikan dana agar program mobil tanpa supir ini bisa direalisasikan secepatnya.

Namun sepertinya masih dibutuhkan beberapa tahun lagi sebelum kita bisa melihat CyberCar seliweran di jalan raya. Jika program ini sukses, CyberCar akan menjadi salah satu solusi kendaraan urban yang efisien dan ramah lingkungan.
0 Responses

Posting Komentar

kritik dan saran