ryegasayang

Jaringan

Pengertian Jaringan :

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).[1] Tujuan dari jaringan komputer adalah[1]

Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).[1] Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).[1] Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Pembagian Jaringan Internet :

1. Local Area NetWork (LAN)

Merupakan suatu jaringan internet yang masih berda di dalam gedung atau ruangan seperti digunakan di rumah, perkantoran, industry, akademi, rumah sakit dll.


 

• Keuntungan menggunakan LAN :

1. Dapat menghubungkan computer dalam jumlah banyak .

2. Access antar computer berlangsung cepat dan mudah .

3. Dapat saling bertukar informasi dengan para pengguna (client).

4. Dapat Memback up Data pada computer lain tanpa harus membongkar hardisk.

5. Hemat waktu dan biaya.


 

2. Metropolotan Area Network(MAN)


 

Merupakan pengembangan dari local area network jaringan komputer ini terdiri dari beberapa jaringan LAN yang saling berhubungan letak jaringan ini bias saling berjauhan tergantung dari panjang kabel yang kita gunakan.


 

3. Wide Area Network (WAN)


 

Merupakan bentuk jaringan komputer yang terdiri dari LAN dan MAN jaringan MAN telah memenuhi berbagai system jaringan seperti perbankkan jual beli secara online di internet.

Jaringan penjualan jasa dan jaringan lainnya wan menggunakan protocol internet NSP (network cervice propider) tanpa NSP jaringan wan tidak dapat bekerja.


 


 


 

• Jaringan WAN memiliki beberapa kelebihan:


 

1. Memilikisistem jaringan yang luas sehingga dapat mencapai Negara, benua, bahkan seluruh dunia.

2. Apabila terhubung dengan jaringan internet msk teransper file pada tempat yang saling berjauhan. Dapat di lakukan dengan cepat menggunakan email.


 

4. Intrannet


 

Merupakan suatu jaringan komputer yang terdiri dari jaringan LAN maupun WAN serta internet untuk akses yang lebih gelobal intranet dapat di artikan hanya memberikan layanan bagi sekelompok pengguna computer yang terhubung dengan LAN maupun WAN untuk mengakses internet dalam lingkup local saja biasanya intranet hanya melayanai sebuah instansi dalam wilayah jangkouan LAN atau WAN tersebut.


 

5. Internet


 

Merupakan gabungan dari berbagai LAN dan WAN yang berada di seluruh jaringan Komputer di dunia. Sehingga terbentuk jaringan dengan sekala yang lebih luas dan gelobal jaringan internet biasanya menggunakan protocol TCP/IP dalam mengirimkan paket data internet berasal dari (interconnected network) yang berarti hubungan dari beragam jaringan computer di dunia yang saling terintegrasi membentuk suatu komunikasi gelobal.


 

Kegunaan Jaringan :

Jenis dan Kegunaan Perangkat Jaringan

Semua komputer , peripheral, interface card dan perangakat tambahan yang terhubung ke dalam satu sistem  jaringan komputer untuk melakukan komunikasi data. Disini ada beberapa Jenis dan Kegunaan dari perangkat jarkom. Antara Lain :

1.  Server

  • Pusat kontrol dari jaringan komputer
  • Biasanya berupa komputer berkecepatan tinggi dengan kapasitas RAM yang besar dan memiliki space hardisk cukup besar pula
  • Sistem operasi yang digunakan merupakan sistem operasi khusus yang

    dapat memberikan berbagai layanan bagi workstation.

2. Workstation

  • Semua komputer yang terhubung dengan jaringan dapat dikatan sebagai workstation
  • Melakukan akses ke server guna mendapat layanan yang telah disediakan oleh server

3. Network Interface Card (NIC)

  • Menghubungkan sebuah komputer ke   jaringannya
  • Memberikan suatu koneksi fisik antara kabel jaringan dengan bus internal komputer

4. HUB

  • Menghubungkan komputer-komputer dalam jaringan skala kecil (LAN)Prinsip kerja :

    semua anggota jaringan yang terhubung dengan perangakat ini melakukan transmisi data pada jaringan (collision domain). Ini berarti, jika lebih dari satu komputer  mengirim data ke jaringan secara bersamaan, maka tidak satupun komputer yang dapat memanfaatkan 100% bandwidth jaringan yang tersedia.

5. SWITCH

  • Untuk menghubungkan multiple komputer
  • Lebih cerdas dan memiliki performa tinggi dibanding hub

6. Kelebihan dari switch :

  • Mampu menginspeksi paket-paket data yang  mereka terima
  • Mampu menentukan sumber dan tujuan paket yang melaluinya
  • Mampu mem-forward paket-paket dengan tepat.

7. REPEATER

  • Meregenerasi atau memperkuat sinyal-sinyal yang masuk
  • Data (bits) yang maasuk ke salah satu port dikirim ke luar melalui semua port

8. BRIDGE

  • Memecah jaringan yang besar. Bridge bekerja pada layer data-link dari model OSI

Cara kerja bridge :

Setelah mengetahui ke segmen mana paket akan disampaikan, bridge melanjutkan pengiriman langsung ke segmen tersebut. Jika bridge tidak mengenali alamat  tujuan paket, maka paket akan difordward ke semua segmen yang terkoneksi kecuali segmen alamat asalnya. Dan jika alamat  tujuan berada dalam segmen yang sama dengan alamat asal, bridge akan menolak paket. Bridge juga melanjutkan paket-paket broadcast ke semua segmen kecuali segmen asalnnya.

9. ROUTER

  • Menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lainnya untuk mendapatkan route (jalur) terbaik
  • Router bekerja pada layer network dari model OSI untuk memindahkan paket-paket antar jaringan menggunakan alamat logikanya

Cara Penggunaan :

Melalu Jaringan

Untuk menghubungkan komputer dengan jaringan yang besar dapat digunakan jaringan yang lebih kecil yaitu LAN.cara penghubung komputer dengan internet melalui jaringan biasa digunakan untuk melayani pemakaian dengan jumlah yang banyak.contoh warnet,kampus,sekolah,perusahaan negeri maupun swasta dan lai-lain.

Sistem penghubung dengan jaringan adalah dengan menggunakan komputer sebagai server yang dihubungkan dengan penyedia  jasa layanan internet melalui telpon baik kabel maupun non kabel.Sistem jaringan ini memiliki keuntungan bahwa  biaya akses yang ditanggung akan lebih murah,karena biaya akses akan terbagi oleh banyaknya pemakai.

Bahan :

  1. Personal Komputer (PC)

    Tipe personal computer yang digunakan di dalam jaringan akan sangat menentukan unjuk kerja dari jaringan tersebut. Komputer dengan unjuk kerja tinggi akan mampu mengirim dan mengakses data dalam jaringan dengan cepat.

  2. Hub atau switch

    Merupakan alat yang digunakan untuk memyatukan kabel-kabel dari beberapa client untuk menyambungkan ke server.

  3. Repeater

    Repeater adalah alat yang digunakan untuk memperkuat sinyal yang lemah karena melalui kabel yang panjang.


     

  4. Router

    Router merupakan alat yang mampu mengirimkan data dari jaringan satu ke jaringan lain yang berbeda.

  5. Modem

    Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Modem ini berfungsi untuk mengubah sinyal digital computer menjadi sinyal analog yang dapat di kirim lewat jaringan telephon atau sebaliknya.

    Ada dua jenis modem yaitu
    :

    1. Modem Internal adalah modem yang di pasang langsung ke mainboard computer. Keuntungan menggunakan modem internal adalah harga lebih murah tetapi kesulitannya untuk memasangnya dan memindahkannya harus membongkar casing(computer).
    2. Modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan computer. Keuntungan pengguna modem eksternal adalah pemasangannya lebih gampang. Kelemahannya yaitu harganya lebih mahal.
  6. Tester

    Tester merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengetes kabel atau konektor agar dapat membuat suatu jaringan.

  7. Lan card

    Lan card adalah kartu jaringan yang di pasang di setiap computer server\work station.

  8. Kabel UTP

    Adalah alat penghubung computer satu dengan computer lain sehingga terbentuk suatu jaringan.

    Macam-macam jenis kabel : UTP,STP,COAXIAL, dll.


     


     

  9. Konektor RJ 45

    Konektor RJ 45 adalah alat konektor yang di pasang di setiap ujung kabel UTP yang menghubungkan antar computer,hub maupun switch.

  10. UPS

    Adalah alat yang berfungsi sebagai back up tegangan alat listrik sekaligus menstabilkan tegangan.

  11. Printer

    Adalah alat untuk mencetak suatu dokumen\data yang telah di ketik.


 


 


 


 

0 Responses

Posting Komentar

kritik dan saran